Arsip Blog
Kategori Produk
Our Suports

  082 133 636261
  082 133 636261
  Kedai Rohani


Anda pengunjung kami ke 247416.
Saat ini sedang ada 2 pengunjung online dari total 79 pengunjung hari ini. (hits 769/ 1168974 )



Anda sedang berada di: Blog
Blog Kedairohani.com
Kenapa Paskah diidentikkan dengan Telur
Diposting oleh : Antonius Handoko Kategori: Umum - Dibaca: 878 kali Minggu, 05 April 2015 - 20:31:07 WIB

Menjelang perayaan paskah pusat-pusat perbelanjaan sudah mulai dihias dengan gambar telur yang dihias dengan berbagai warna yang mencolok. Berbagai macam warna yang menghiasi cangkang telur ini membuat telur-telur itu menarik mata setiap orang yang melihatnya. Perayaan paskah juga akan semakin semarak saat dimeriahkan dengan lomba mencari telur paskah. Anak-anak dengan gembira ria mencari telur-telur yang disembunyikan sebelumnya.

Sebenarnya dari mana tradisi telur paskah ini? Apakah tradisi ini juga berasal dari para rasul atau juga dari para bapa gereja? Kenapa tradisi telur paskah tidak disebut dalam kitab Perjanjian Lama dan juga Perjanjian Baru? Kita memang tidak dapat menemukan tradisi telur paskah dalam kitab suci dan juga dalam ajaran resmi gereja. Tradisi ini juga bukan tradisi yang ada di Indonesia. Lalu dari mana datangnya tradisi telur paskah ini?

Sulit untuk menemukan dimana dan kapan tradisi telur paskah ini pertama dimulai. Selain itu juga tidak terlalu penting untuk mencari asal usul tradisi ini. Hal yang lebih penting adalah makna dari tradisi ini. Telur merupakan simbol hidup baru, saat telur tersebut menetas maka muncullah kehidupan baru. Kebangkitan Yesus Kristus menjadi lambang hidup baru bagi seluruh manusia yang ditebus. Dalam iman Kristen melalui baptisan kita disatukan dalam wafat dan kebangkitan Kristus; mati dalam dosa-dosa dan bangkit sebagai manusia baru.

Lalu kenapa telur berwarna merah dan juga ada lomba mencari telur paskah? Hal ini juga sulit untuk dijawab karena sekali lagi tradisi ini bukan tradisi yang berasal dari kitab suci dan tidak ada dalam ajaran resmi gereja. Saya hanya ingat saat saya masih di Seminari ada pastor yang bercerita bahwa Simon dari Kirene yang membantu Yesus memanggul salib adalah seorang peternak bebek. Nah waktu ia membantu Yesus memanggul salib banyak telur yang tercecer dan jatuh. Setelah ia selesai membantu Yesus maka iapun mengetahui bahwa telur-telur yang ia bawa sudah berkurang. Iapun kemudian menyusuri jalan yang telah dilewatinya tadi. Simon berhasil menemukan beberapa telur yang terjatuh, telur tersebut sebagian terkena darah Yesus sehingga berwarna merah. Bagaimana kebenaran cerita tersebut, saya juga tidak tahu. Hal yang terpenting ialah bahwa paskah merupakan perayaan hidup baru dimana manusia yang berdosa telah ditebus oleh kematian Kristus di salib. Selamat Paskah. 





Baca juga artikel berikut:

  Facebook  
  Tidak Login Facebook (35)  
  082 133 636261
  523F7CC3
  082 133 636261