Arsip Blog
Kategori Produk
Our Suports

  082 133 636261
  082 133 636261
  Kedai Rohani


Anda pengunjung kami ke 216917.
Saat ini sedang ada 1 pengunjung online dari total 13 pengunjung hari ini. (hits 47/ 920472 )



Anda sedang berada di: Blog
Blog Kedairohani.com
Sengkuni Dibuang ke Laut Aja
Diposting oleh : Antonius Handoko Kategori: Umum - Dibaca: 1722 kali Kamis, 16 April 2015 - 23:42:43 WIB

Sengkuni atau Sangkuni merupakan tokoh jahat bahkan bisa dibilang sangat jahat. Dimana ada Sangkuni pasti kekacauan akan hadir mengikutinya. Tokoh ini memiliki sifat yang sangat licik, curang, dan hampir segala hal jahat ada dalam dirinya. Semua kisah baik versi India dan Jawa mengisahkan tokoh ini sebagai tokoh yang sangat jahat bahkan dalam dirinya hampir tidak ada yang baik.


Sangkuni sebenarnya seorang yang sangat cerdas, dia mampu membaca situasi dengan cepat dan mampu merancang strategi dengan detai namun sayangnya dia menggunakan kemampuannya ini untuk kejahatan. Salah satu kejahatan yang bagi saya sangat kejam ialah hasutan yang diberikan kepada para Kurawa. Sangkunilah yang menyulut kebencian dalam diri Kurawa. Sangkunilah yang membuat para Kurawa selalu berbuat jahat karena ia mengajarkan segala hal buruk pada kurawa.


Film Mahabarata yang diputar pada tahun 2014 dan juga Kejayaan Maharata tahun 2015 menunjukkan bagaimana kejahatan Sengkuni ini. Ia menghasut keponakannya sendiri yaitu Kurawa untuk membenci Pandawa yang masih memiliki hubungan saudara dengan mereka. Dalam film Mahabarata (2014) dimunculkan bahwa sejak kecil Duryudana dan saudara-saudaranya sudah jahat dan membenci Pandawa; walau kebenciannya karena ditumbuhkan oleh Sangkuni. Namun dalam film Kejayaan Maharata (2015) dimunculkan versi yang sedikit lain dimana Duryudana pada awalnya baik dan menjadi jahat oleh karena perbuatan Sangkuni dan justru dalam hal inilah kejahatan Sangkuni makin terlihat. Sangkuni sedikit demi sedikit menabur benih kebencian dalam diri Duryudana dan saudara-saudaranya sehingga dalam diri mereka kebencian dan dendam tumbuh subur.
Sangkuni menanamkan kebencian pada diri kurawa dan mengajarkan segala hal jahat untuk keponakan-keponakannya sendiri. Ia membawa kesesatan pada diri para Kurawa sejak dari mereka kecil. Kebencian dan segala hal buruk yang diajarkan kepada para kurawa tumbuh menjadi suatu keyakinan yang teguh pada diri para Kurawa. Mereka memandang bahwa kejahatan merupakan hal yang bolah dilakukan untuk memperoleh kemenangan dan segala bentuk kecurangan adalah sah. Sengkuni mengajarkan bahwa kejujuran dan cinta kasih adalah hal yang salah. Sengkuni berhasil melaksanakan misi buruknya, berhasil menanamkan kebencian secara permanen pada diri Duryudana.

Jadi ingat nasihat Yesus ;:
"Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut. (Matius 18:6).


Siapa saja yang selalu menanamkan kebencian dalam dirinya sendiri dan apalagi orang lain mungkin juga baik kalau dia dilempar ke laut dengan terlebih dahulu diikat pada batu.





Baca juga artikel berikut:

  Facebook  
  Tidak Login Facebook (1)  
  082 133 636261
  523F7CC3
  082 133 636261