Arsip Blog
Kategori Produk
Our Suports

  082 133 636261
  082 133 636261
  Kedai Rohani


Anda pengunjung kami ke 624392.
Saat ini sedang ada 17 pengunjung online dari total 639 pengunjung hari ini. (hits 2088/ 3202443 )



Anda sedang berada di: Blog
Blog Kedairohani.com
Ojo Podho Nelongso
Diposting oleh : Antonius Handoko Kategori: Renungan & Motivasi - Dibaca: 4953 kali Minggu, 19 April 2015 - 12:27:13 WIB

Ojo Podho Nelongso

Jo podo nelongso
jamane jaman rekoso.
Urip pancen angel
kudune ra usah ngomel

Ati kudu tentrem
nyambut gawe karo seneng……….

Syair di atas merupakan penggalan dari lagu yang dipopulerkan oleh Koes Plus, lagu ini ada sebelum saya lahir nampaknya. Syair dari lagu ini ringan namun berisi nasihat yang sangat mendalam. Syair lagu dalam bahasa jawa dan kalau diterjemahkan secara bebas kira-kira begini artinya
jangan berkecil hati
jamannya jaman susah
hidup memang susah
seharusnya gak perlu marah
hati harus tenteram
bekerja dengan senang

lagu tersebut mau mengajar kita untuk tidak terlalu bersedih hati (nelongso), jaman ini memang jaman yang susah (rekoso) dan hidup memang sulit (angel). Itu semua merupakan fakta dalam kehidupan yang tidak bisa dihindari dan dalam menghadapi itu semua kita gak perlu marah (ngomel). Ngomel – diartikan dengan marah yang diungkapkan dengan berbagai komentar negatif, keluhan, cercaan dan sebagainya. Pokonya apapun dikomentari buruk dan rasanya di dunia ini gak ada yang bisa dipuji.

Dalam menghadapi kehidupan yang keras dan susah, keluhan memang tidak akan membantu kita untuk meringankan beban hidup malah akan membuat kita makin terbebani. Akan ada banyak hal yang bisa dikeluhkan, udara panas mengeluh, hujan mengeluh, jalan macet mengeluh, relasi dengan rekan kerja dan pimpinan menjadi alasan mengeluh pula. Dan rasanya tidak ada alasan untuk senang dan bahagia, dunia rasanya mau runtuh dan semua orang serta alam semesta ini tidak baik.

Lagu tersebut menasihatkan supaya kita gak perlu untuk ngomel (marah dan mengeluh) dengan keadaan. Tentramkan hati dan hadapi semuanya dengan hati senang. Masalah akan tentap ada dan selalu ada namun dengan hati yang tenang dan perasaan senang maka semua masalah yang menimpa akan bisa dihadapi dengan lebih mudah. Hati tentram dan rasa bahagia akan membuat kita mampu menemukan alasan untuk bersyukur dalam hidup ini.

Yah Hidup ini anugerah dari Tuhan yang pantas untuk disyukuri dan bukan dikeluhkan, Urip pancen angel kudune ra usah ngomel.





Baca juga artikel berikut:

  Facebook  
  Tidak Login Facebook (33)  
  082 133 636261
  523F7CC3
  082 133 636261